I Pendahuluan
1.1
Latar Belakang
Banyak
sifat yang dimiliki makhluk hidup yang menurun dari induk kepada
keturunannya, sehingga
sifat orang tua dapat muncul pada anaknya atau bahkan
sifat-sifat tersebut muncul
pada cucunya. Dahulu kala, ada anggapan bahwa
penurunan sifat pada
manusia penurunannya melalui darah. Namun anggapan itu
keliru, terbukti walaupun
seseorang menerima darah dari orang lain, sifat dari orang
yang memberi darah tersebut
tidak menurun kepada orang yang menerima darah
tersebut.
Setiap makhluk hidup mempunyai sifat alamiah
yaitu menghasilkan keturunan.supaya jenisnya tidak punah. Untuk itu makhluk
hidup melakukan pembiakan baik secara aseksual maupun seksual. Dalam reproduksi
seksual, tiap individu baru berasal dari perkembangan dan pertumbuhan sel zigot
yaitu sel hasil peleburan antara gamet jantan (spermatozoa) dan gamet betina
(sel telur) yang masing-masing adalah haploid. Dengan demikian ciri-ciri
genetik yang dibawa oleh zigot (2n) adalah gabungan antara ciri-ciri genetik
gamet jantan dan gamet betina.
1.1
Tujuan
- memahami konsep persilangan monohibrid
- mengetahui cara-cara
penurunan sifat dari suatu individu.
II Dasar Teori
Tiap
spesies memiliki ciri-ciri tertentu yang spesifik yang hampir sama dari
generasi ke generasi, bahkan ciri ini ada sejak dulu kala. Misalnya hewan gajah
mempunyai telinga yang lebar, mempunyai gading, tubuhnya besar, dan mempunyai
belalai. Ciri gajah tersebut sudah ada sejak gajah purba. Jadi ada ciri-ciri
atau sifat-sifat makhluk hidup yang diturunkan dari generasi ke generasi atau
diturunkan dari induk kepada anaknya (Suryo, 1994).
Ilmu
yang mempelajari tentang sifat-sifat yang diwariskan, cara sifat diwariskan,
dan variasinya yang terjadi pada keturunannya disebut ilmu keturunan atau
genetika. Seorang tokoh yang berjasa dalam mempelajari sifat-sifat yang
diwariskan dari induk pada keturunannya ialah Gregor J. Mendel (1822 - 1884)
sehingga ia dikenal sebagai bapak genetika. Gagasan yang sedang berlaku pada
saat itu adalah sperma dan sel telur mengandung sebuah intisari dari berbagai
bagian pada tubuh induk, sehingga pada proses pembuahan, intisari ini bercampur
untuk membentuk sifat individu baru yang dihasilkan. Ide ini yang disebut ”
blending inheritance” (keturunan campuran) disusun untuk menjelaskan fakta
bahwa hasil keturunan biasanya menunjukkan beberapa sifat yang sama dengan
kedua induknya
( Wels, James R, 1991).
Menurut
teori Mendel, karakter-karakter ditentukan oleh unit-unit yang mempunyai ciri
tersendiri yang diturunkan secara utuh ke generasi berikutnya. Model ini dapat
menjelaskan berbagai hasil pengamatan yang tidak dapat dijelaskan oleh teori
keturunan campuran. Teori Mendel juga dapat digunakan dengan baik sebagai
kerangka untuk pengertian tentang mekanisme hereditas lebih lanjut dan terinci
(Suryo, 1996).
Hukum
mendel dapat dibedakan menjadi 2 yaitu hukum medel I dan hukum Mendel II. Hukum
mendel I mengatakan bahwa pemisahan gen yang sealel terlihat ketika pembuktikan
gamet individu yang memiliki genotype heterozigot, sehingga tiap gamet
mengandung salah satu alel itu. Sedangkan hukum mendel II mengatakan bahwa
hukum ini berlaku ketika pembentukan gamet diaman gen alel secara bebas pergi
kemasing-maisng kutub ketika meiosis ( Yatim, 1983 )
Hukum
mendel II ( hukum kebebasan mendel = prinsip berpasang-pasangan secara bebas )
Segregasi suatu pasangan gen tidak bergantung kepada segregasi pasangan gen
lainnya, sehingga di dalam gamet-gamet yang terbentuk akan terjadi pemilihan
kombinasi gen-gen secara bebas dalam perisitiwa pembentukan gamet, alela-alela
mengadakan kombinasi secara bebas sehingga kombinasi sifat-sifat yang muncul
dalam keturunannya beraneka ragam, hukum mendel II berlaku untuk pembastaran
dengan dua sifat beda ( dihibridisasi ) baik dominasi maupun intermediet
(Yatim, 1983 )
Dalam
suatu persilangan perlu diketahui terlebih dahulu istilah-istilah yang
digunakan. Istilah-istilah dalam persilangan dapat kita pahami pada uraian
berikut (Brown, T.A, 1993).
1 Pariental
(P), artinya induk atau orang tua.
2 Filial
(F), artinya keturunan.
3 keturunan
pertama (F1) = anak
4 keturunan
kedua (F2) = cucu
5 Genotipe adalah
sifat-sifat menurun yang tidak nampak dari luar, disimbolkan dengan pasangan
huruf. Contoh: AA, Aa, aa, AABB,dan AaBB.
6 Gamet adalah sel kelamin dan berasal dari genotipe. Contoh:
genotipe Aa, gametnya A dan a.
7 Fenotipe adalah sifat menurun yang nampak dari luar.Contoh: buah
besar, buah kecil, rasa manis, rasa asam,batang tinggi, dan batang pendek.
8 Dominan adalah sifat-sifat gen yang selalu nampak atau muncul,
disimbolkan dengan huruf besar. Contoh: AA, BB, dan CC.
9 Gen resesif
adalah sifat-sifat gen yang tidak selalu nampak
baru muncul apabila bersama-sama gen resesif lain, disimbolkan dengan huruf
kecil. Contoh: aa, bb, dan cc.
10 Homozigot adalah pasangan gen yang sifatnya sama. Contoh: AA, aa, BB,
bb, CC, dan cc.
11 Heterozigot adalah pasangan gen
yang tidak sama. Contoh: Aa, Bb, dan Cc.
Persilangan
monohibrid adalah persilangan antara dua individu sejenis dengan memperhatikan
satu sifat beda. Pada persilangan monohibrid terdapat test cross dan
sifat intermediet (Suryo, 1990).
a. Test Cross
Test
cross adalah penyilangan individu yang
ingin diketahui genotipenya dengan individu bergenotipe homozigot resesif.
Hasil persilangan tersebut mempunyai dua kemungkinan sebagai berikut (Campbell , N.A., Reece , J.B., Mitchell, L.G. 2002) :
1) Jika tanaman bergenotipe
BB disilangkan dengan tanaman bergenotipe bb (homozigot resesif), maka akan menghasilkan
keturunan yang bergenotipe Bb semuanya. Dengan B = bulat, b = keriput. Jadi,
semua keturunan memiliki biji bulat.
2) Jika tanaman tersebut
bergenotipe Bb disilangkan dengan tanaman bergenotipe bb (homozigot resesif), maka
akan menghasilkan keturunan bergenotipe Bb dan bb.
Berdasarkan tes cross yang
dilakukan oleh Mendel, dapat diketahui bahwa sifat bulat (B) dominan terhadap sifat
keriput (b) sehingga individu yang bergenotipe Bb mempunyai fenotipe bulat, dan
genotipe individu yang berfenotipe bulat adalah BB dan Bb.
b. Sifat intermediet
Sifat
intermediet dipengaruhi oleh gen dominan yang tidak jenuh. Seperti yang
dilakukan oleh Mendel terhadap tanaman Antirrhinum majus berbunga merah galur
murni (MM) disilangkan dengan Antirrhinum majus berwarna putih galur murni
(mm). Hasil keturunan yang didapatkan oleh Mendel adalah Antirrhinum majus yang
berfenotipe warna merah muda, bukan berwarna merah meskipun genotipenya Mm. (Tjan,
Kiauw Nio, 1995).
Mendel
mengemukakan beberapa kesimpulan yang kemudian disebut Hukum Mendel:
1. Setiap individu hasil
persilangan mengandung gamet dari kedua induknya (bersifat diploid = 2n),
misalnya induk jantan berwarna merah (MM)
dan betina (mm) maka
keturunannya memiliki gen Mm.
2. Pada proses pembentukan
gamet, gen berpisah secara acak (Hukum Segregasi secara bebas) atau dikenal
sebagai Hukum Mendel I. Jadi Mm akan
berpisah menjadi dua gamet,
yaitu M dan m.
3. Pada proses pembuahan
(fertilisasi) gamet akan bertemu secara acak pula (asortasi) atau dikenal
sebagai Hukum Mendel II. Dalam kasus di atas gamet M dapat membuahi gamet
lainnya, misalnya M atau dapat juga m.
III Metode
Kerja
3.1
Alat dan Bahan
1
Kancing dengan dua
warna yang berbeda
2
kantong plastic
3
alat tulis
Prosedur Kerja
1 Dimasukkan
kancing dua warna yang berbeda, masing-masing 100 kancing,
2 Dikeluarkan secara
acak 2 kancing, kenudian dimasukkan kembali kancing yang telah diambil,
dilakukan sebanyak 800 kali
3
Dicatat kombinasi warna setiap pasangan
kancing yang dikeluarkan
4 Diasumsikan warna yang tua (MM) dominant
terhadap warna yang muda(mm)
5
Dilakukan analisa chi-square terhadap
hasil pengamatan.
6
Diberikan kesimpulan atas hasil yang
telah diperoleh.
IV Hasil dan
Pembahasan
4.1 Hasil
NO
|
MM
|
Mm
|
mm
|
|
1
|
|
~
|
|
|
2
|
|
~
|
|
|
3
|
|
~
|
|
|
4
|
|
~
|
|
|
5
|
~
|
|
|
|
6
|
|
|
~
|
|
7
|
|
~
|
|
|
8
|
|
~
|
|
|
9
|
|
~
|
|
|
10
|
~
|
|
|
|
11
|
|
~
|
|
|
12
|
|
~
|
|
|
13
|
|
~
|
|
|
14
|
|
|
~
|
|
15
|
~
|
|
|
|
16
|
~
|
|
|
|
17
|
~
|
|
|
|
18
|
|
~
|
|
|
19
|
|
~
|
|
|
20
|
|
|
~
|
|
21
|
|
~
|
|
|
22
|
|
~
|
|
|
23
|
|
~
|
|
|
24
|
|
~
|
|
|
25
|
|
|
~
|
|
26
|
~
|
|
|
|
27
|
|
~
|
|
|
28
|
|
|
~
|
|
29
|
|
~
|
|
|
30
|
~
|
|
|
|
31
|
~
|
|
|
|
32
|
|
~
|
|
|
33
|
|
~
|
|
|
34
|
|
~
|
|
|
35
|
~
|
|
|
|
36
|
|
|
~
|
|
37
|
|
|
~
|
|
38
|
|
~
|
|
|
39
|
~
|
|
|
|
40
|
|
|
~
|
|
41
|
|
|
~
|
|
42
|
|
~
|
|
|
43
|
|
~
|
|
|
44
|
|
|
~
|
|
45
|
|
~
|
|
|
46
|
~
|
|
|
|
47
|
|
~
|
|
|
48
|
|
~
|
|
|
49
|
|
~
|
|
|
50
|
|
~
|
|
|
51
|
|
~
|
|
|
52
|
|
|
~
|
|
53
|
|
|
~
|
|
54
|
~
|
|
|
|
55
|
~
|
|
|
|
56
|
|
~
|
|
|
57
|
|
~
|
|
|
58
|
|
~
|
|
|
59
|
~
|
|
|
|
60
|
|
~
|
|
|
61
|
|
~
|
|
|
62
|
|
~
|
|
|
63
|
|
~
|
|
|
64
|
~
|
|
|
|
65
|
|
|
~
|
|
66
|
~
|
|
|
|
67
|
|
~
|
|
|
68
|
|
~
|
|
|
69
|
~
|
|
|
|
70
|
~
|
|
|
|
71
|
|
~
|
|
|
72
|
|
|
~
|
|
73
|
~
|
|
|
|
74
|
|
~
|
|
|
75
|
|
~
|
|
|
76
|
|
~
|
|
|
77
|
|
~
|
|
|
78
|
|
~
|
|
|
79
|
~
|
|
|
|
80
|
~
|
|
|
81
|
|
~
|
|
82
|
~
|
|
|
83
|
|
|
~
|
84
|
|
~
|
|
85
|
|
~
|
|
86
|
|
~
|
|
87
|
|
~
|
|
88
|
|
~
|
|
89
|
~
|
|
|
90
|
|
~
|
|
91
|
|
~
|
|
92
|
~
|
|
|
93
|
~
|
|
|
94
|
|
~
|
|
95
|
|
|
~
|
96
|
|
~
|
|
97
|
|
~
|
|
98
|
|
~
|
|
99
|
|
|
~
|
100
|
|
|
~
|
T
|
24
|
57
|
19
|
|
MM
|
Mm
|
mm
|
total
|
O
|
24
|
57
|
19
|
100
|
E
|
25
|
50
|
25
|
100
|
D
|
-1
|
7
|
6
|
0
|
X2
|
0,04
|
0,98
|
1,44
|
2,46
|
Tabel chi-square
X2 = Σ (o-e)2
= d2
e
e
MM
X2 = Σ ( 24-25)2
= 0,04
25
Mm
X2 = Σ (57-50)2
= 0,98
50
Mm
X2 = Σ (19-25)2
= 1,44
25
4.2 Pembahasan
Menurut
Mendel, suatu monohibrid yang melakukan penyerbukan sendiri seharusnya
menghasilkan keturunan dengan perbandingan fenotipe 3:1. Hasil persilangan
monohibrid didapatkan fenotipe ungu sebanyak 81 buah dan fenotipe putih
sebanyak 19 buah. Tetapi secara teoritis hasil yang didapatkan seharusnya 75
buah untuk fenotipe ungu, dan 25 untuk fenotipe putih..Dari
sini dapat dilihat bahwa penyimpangan fenotipe ungu sebesar 6 dan fenotipe
putih sebesar -6. Berhubung dengan adanya penyimpangan antara hasil yang
didapat dengan hasil yang diharapkan secara teoritis dilakukan evaluasi
menggunakan chi-square test. Adanya penyimpangan tidak disebabkan oleh faktor
kemungkinan, melainkan hanya terjadi secara kebetulan.
V.
Penutup
Kesimpulan
1.Berdasarkan
hukum Mendel rasio fenotipe generasi F2 persilangan monohibrid adalah 3:1.
2.Adanya penyimpangan antara hasil yang didapat dari percobaan dengan hasil yang diharapkan secara teoritis.
3.Chi-square test digunakan untuk mengevaluasi penyimpangan dari hasil percobaan.
2.Adanya penyimpangan antara hasil yang didapat dari percobaan dengan hasil yang diharapkan secara teoritis.
3.Chi-square test digunakan untuk mengevaluasi penyimpangan dari hasil percobaan.
5.2 Saran
~ Kelengkapan alat
praktikum dan bahan praktikum lebih di tingkatkan.
~ Saat melakukan percobaan
dan perhitungan, sebaiknya praktikan lebih teliti.
DAFTAR PUSTAKA
Brown,
T.A. 1993. Genetics A Molecular Approach. Department of Biochemistry And
Applicd Molecular, Umist, Manchester : United Kingdom .
Suryo.
1990. Genetika. Yogyakarta
: Universitas Gadjah mada Press.
Suryo.
1994. Genetika Manusia. Yogyakarta :
Gadjah Mada University
Press.
Suryo.
1996. Genetika. Yogyakarta : UGM Press.
Tjan,
Kiauw Nio. 1995. Genetika Dasar (Diktat). Bandung : penerbit ITB.
Yatim,
Wildan.1983. Genetika. Bandung : tarsito
Tidak ada komentar:
Posting Komentar