Selasa, 20 September 2011

DIBALIK SEBUAH CATATAN SEJARAH


Judul Buku    : Malam Untuk Soe Hok Gie
Penulis            : Herlinatiens
Penerbit          : Galangpress
Tebal Buku    : 265 halaman
Harga             : Rp 25.000,-


Soe Hok Gie, sebuah nama tentang Indonesia yang mengingatkan kita pada peristiwa sejarah beberapa puluh tahun yang lalu. Nama asing ini tentunya bukan hanya sekedar seorang tokoh sejarah yang terukir di dalam buku-buku sejarah Indonesia, tapi Soe Hok Gie sendiri merupakan cerminan dari sosok anak muda yang masih mempercayai akan adanya keadilan dan kebenaran di tengah kehidupan rakyat kecil pada masanya.

Herlinatiens mengingatkan kita pada tokoh sejarah tersebut. Novel ini bukan hanya sebagai buku yang menceritakan tentang peristiwa sejarah yang dapat meninabobokan kita, tapi lebih dari itu Herlinatiens menempatkan Soe Hok Gie sebagai seorang laki-laki dengan segala keterbatasan dan kelebihannya yang dicintai oleh banyak perempuan. Soe Hok Gie yang ternyata juga bergulat dalam, dengan dan atas nama cinta. Cinta yang dirinya sendiri tidak memahami tetapi ingin sekali dirinya merasai.

Novel ini sendiri diangkat dari buku harian yang ditulis oleh Soe Hok Gie dan seorang wanita bernama Kalsita yang merupakan tokoh utama. Jalan cerita yang mengalir dangan gaya bahasa yang mudah dimengerti merupakan kelebihan dari novel ini. Penggambaran tokoh yang jelas dan adanya peristiwa sejarah membuat novel ini tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga dapat menambah pengetahuan sejarah para pembacanya.

Kendatipun penulisan buku ini sudah sangat baik, tetapi masih terdapat kekurangan seperti digunakannya beberapa kata dalam penggambaran suasana yang terkesan vulgar dan tidak cocok untuk dibaca oleh anak atau remaja yang masih dibawah umur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar